Skip to content

TABIAT JALAN DAKWAH

September 19, 2008

Waraqah bin Naufal pernah mengatakan kepada Rasulullah sas setelah turunnya wahyu pertama kepada beliau:

لَمْ يَأْتِ رَجُلٌ قَطُّ بِمِثْلِ مَا جِئْتَ إِلاَّ عُوْدِيَ

Tidaklah sama sekali datang seseorang dengan membawa seperti apa yang kau bawa melainkan pasti diusir.

Apakah yang dibawa Rasulullah sas? Tidak lain adalah dakwah islamiyah. Rupanya Waraqah bin Naufal mengetahui secara yakin tabiat jalan dakwah yang akan ditempuh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tabiat jalan inilah yang juga dipahami ‘As’ad bin Zurarah. Tatkala orang-orang orang Yatsrib ingin membaiat Rasulullah sas untuk menolong beliau dalam menjalankan misi beliau, berdirinya ‘As’ad bin Zurarah seraya berkata kepada mereka:

رُوَيْدًا يَا أَهْلَ يَثْرِبَ فَإِنَّا لَمْ نَضْرِبْ إلَيْهِ أَكْبَادَ الاِبِلِ إِلاَّ وَنَحْنُ نَعْلَمُ أَنَّهُ رَسُوْلُ اللهِ، وَإِنَّ إِخْرَاجَهُ اليَوْمَ مُنَاوَأَةٌ لِلْعَرَبِ كَافَّةً وَقَتْلَ خِيَارِكُمْ، وَأَنْ تَعَضَّكُمُ السُّيُوْفُ.فَإِمَّا أَنْتُمْ قَوْمٌ تَصْبِرُوْنَ عَلَى ذَلِكَ فَخُذُوْهُ وَأَجْرُكُمْ عَلَى اللهِ، وَأِمَّا أَنْتُمْ قَوْمٌ تَخَاُفُوْنَ مِنْ أَنْفُسِكُمْ خِيْفَةً فَذَرُوْهُ.فَبِيْنُوْا ذَلِكَ فَهُوَ أَعْذَرُ لَكُمْ عِنْدَ اللهِ.

Dalam lembaran-lembaran sejarah, sejak dahulu kala sampai sekarang hingga Hari Kiamat, jalan dakwah islamiyah merupakan jalan yang sukar dan penuh onak duri. Para pengusung dakwah ini selalu berhadapan dengan pengusiran, penjara, pembunuhan dan siksaan dalam segala bentuk, termasuk yang paling sadis sekalipun yang tak pernah dilakukan binatang terbuas di bumi ini.

Ayat-ayat Al-Qur’an telah menceritakan bagaimana Nabi Nuh, Hud, Sholeh dan para nabi lainnya dianiaya kaum mereka sendiri karena misi dakwah yang diemban para nabi itu, bagaimana pula Fir’aun dan balatentaranya membantai para mantan tukang sihir Fir’aun yang beriman kepada Musa as, bagaimana juga segolongan kaum mukminin dalam kisah Ashhabul Ukhdud dihukum dengan cara dilempar ke parit-parit penuh kobaran api. Rasulullah sas pun tak luput dari hal seperti ini. Karena beliau juga membawa apa yang yang mereka bawa.

Di zaman ini, diskriminasi, pengucilan, ektradisi, pemisahan dari sanak keluarga, penodaan kehormatan, penjara, siksaan, tiang gantuang, regu tembak dan berbagai sarana penghambat dakwah lainnya, telah disediakan para penguasa thaghut yang bercokol di hampir seluruh wilayah bumi untuk orang-orang yang berani mengusung dakwah Islamiyah, membawa apa yang pernah di bawa para pengusung dakwah sebelumnya dari kalangan nabi dan rasul serta orang-orang shaleh lainnya.

Sepanjang sejarah, sejak dulu sampai sekarang hingga hari kiamat, para thoghut tak akan pernah berdiam diri melihat gerakan dakwah islamiyah. Inilah tabiat jalan dakwah yang berlaku di setiap zaman dan tempat. Hal ini bukan karena sebab lain kecuali semata-mata keimanan dan kebenaran yang dipegang pengemban dakwah tersebut.

وَمَا نَقَمُوا مِنْهُمْ إِلَّا أَنْ يُؤْمِنُوا بِاللَّهِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ

Apabila ada orang-orang yang menonjolkan diri sebagai pendakwah Islam, namun tidak mendapatkan rintangan yang berarti, atau bahkan hidup dengan penuh kenikmatan, padahal di hadapan mereka ada para thoghut yang memusuhi Islam dan kaum muslimin sebagaimana yang terjadi di setiap jengkal bumi saat ini, maka mereka itu pada hakekatnya belum pas dalam berdakwah seperti dakwah para nabi dan rasul, atau tidak membawa dakwah islamiyah yang semestinya, atau memang ia sebenarnya tersesat dari jalan yang benar, menyeru manusia kepada yang bukan petunjuk.

Adapun orang-orang yang berdakwah justru untuk membela para thaghut penguasa, mengajak untuk berloyal kepadanya, memberi cap Islam pada pribadinya, menanggapnya sebagai ulil amri yang wajib ditaati, serta memusuhi da’i yang benar, menjulukinya sebagai khowarij, anjing neraka, hanya karena ia berlepas diri dari thaghut itu, mereka pada hakekatnya adalah kaki tangan thaghut, musuh Allah dan Rasul-Nya, bukan pendakwah islamiyah, meskipun mereka berkoar-koar sebagai salafiyun, pengikut manhaj salaf.

3 Komentar leave one →
  1. Achmed Roy permalink
    November 10, 2008 8:54 pm

    Intellijen Operation must be facing with Intellijen Operation

  2. anshoruttauhid permalink*
    September 26, 2008 3:37 pm

    Laa taias minrouhillah…semoga tetap eksis dakwah & jihadnya…

  3. September 21, 2008 5:00 pm

    sangaaarrrr….. ayo…. ku dukung pren…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: